1. Berenang
Berenang adalah salah satu kegiatan olah raga yang dianjurkan Rasulullah saw, dan dijadikan ekskul wajib bagi seluruh santri. Karena pondok belum memiliki kolam renang sendiri, maka dibuatkan jadwal sebulan sekali untuk menyewa khusus kolam renang yang bisa terjaga dari pandangan orang lain, sehingga tidak menimbulkan masalah ketika santri harus berenang, yang mengakibatkan lekuk tubuhnya akan lebih mungkin untuk bisa tampak.

2. Memanah
Olahraga sunnah yang berikutnya ini juga diwajibkan bagi seluruh santriwati, dilaksanakan rutin sebulan sekali. Diharapkan, melalui olahraga memanah ini, selain membuat tubuh menjadi sehat dan bugar, juga melatih ketrampilan keseimbangan dan ketepatan sasaran.

3. Berkuda
Berkuda juga menjadi ekskul wajib bagi seluruh santri, namun karena teknis dan biaya sewa kuda yang relative masih tinggi harganya, maka jadwal kegiatannya baru bisa dilaksanakan satu hingga dua kali dalam satu semester. Untuk tingkat pemula, santri belajar menunggang kuda dan melatih keseimbangan. Dalam tahap berikutnya, diajarkan untuk mengendalikan kuda berjalan dan berlari.

4. Memasak
Ketrampilan memasak sangat dibutuhkan oleh santri, berkaitannya dengan tanggungjawabnya nanti dalam rumah tangganya kelak. Pembelajaran memasak ini akan sangat membantu memberikan skill memasak, baik masakan sayur dan lauk untuk makan siang atau malam, juga memasak roti, kue serta membuat beragam camilan.
Sebagai pengayaan, ada kalanya kue yang dibuat selanjutnya dijual di kantin pondok sehingga bisa memberikan pemasukan tambahan bagi ekskul memasak ini.

5. Menjahit
Walaupun ketersediaan mesin jahit masih terbatas, namun pembelajaran ekskul menjahit ini bisa dilaksanakan, untuk memberikan ketrampilan membuat sendiri baju-baju sederhana, sehingga nantinya bisa menjahit sendiri baju-baju untuk suami serta anak-anak.

6. Handycraft
Ada karakter orang yang tangannya tidak bisa diam. Ada saja selalu yang dikerjakannya, memberi nilai tambah terhadap apa saja yang ada di sekelilingnya. Barang apa saja yang sudah hendak dibuang pun, bisa berubah menjadi karya berarti di tangannya. Potensi seperti ini, bagus untuk dibina dan dikembangkan. Melalui ekskul handycraft ini, diharapkan menajamkan kepekaan santri terhadap kemampuan memanfaatkan barang sisa dan bekas, dijadikan barang yang cantik dan bermanfaat.

7. Jurnalistik
Kemampuan menulis adalah satu hal amat penting yang harus dibimbing dengan baik dan dikembangkan. Kelak, mereka yang memiliki kemampuan jurnalistik yang baik akan lebih mampu mengelola media dengan baik dan berpeluang lebih besar untuk mendapatkan tempat lebih baik di tengah masyarakat. Lebih bisa mempengaruhi orang lain, bahkan lebih siap untuk memimpin dunia.
Melalui ekskul jurnalistik ini, selain santri diajarkan ketrampilan membuat puisi, cerpen maupun kajian ilmiah, juga pada akhir masa ekskul diajak membuat buku, dimana buku ini memuat hasil karya seluruh anggota jurnalistik.

8. Gardening
Kita perlu mempelajari ketrampilan mengelola sumber daya alam, agar alam pun mau mengeluarkan hasil yang optimal buat manusia. Melalui ekskul ini, santri akan belajar bersabar dan belajar berkasih saying. Karena tanpa kasih sayang, mustahil kita bisa bergandeng tangan bersama2, melangkah bersama, menyingkirkan semua rintangan bersama.

9. English Club
Untuk bisa mahir berbahasa Inggris, dirasa belum cukup hanya dengan belajar melalui mata pelajaran Bahasa Inggris di dalam kelas. Melalui ekskul English Club ini akan lebih diasah ketrampilan santri dalam bercomunikasi langsung, berpidato, hingga kemampuannya mempertahankan argumen.

10. Arabic
Sebagai Bahasa Al quran sekaligus Bahasa internasional yang sudah diperhitungkan di dunia global, santri sangat perlu mendapatkan bekal ketrampilan lebih tajam lagi dalam berbahasa Arab. Maka melalui ekskul ini, akan diasah kemampuan santri bercakap Bahasa arab, membuat pidato, cerita, hingga kemampuan mempertahankan argumennya.

11. Thibun Nabawi
Salah satu jurus sehat yang dicontohkan oleh Rasulullah saw adalah dengan mempraktekkan pengobatan Thibun Nabawi. Ekskul ini mengajarkan pola penjagaan kesehatan yang mengutamakan konsep pengobatan herbal. Selain itu juga diajarkan ketrampilan bekam.

12. Tapak Suci
Sebagai salah satu olahraga bela diri, ekskul ini merupakan pilihan bagi santri yang menyukai olah fisik dan menginginkan memiliki kemampuan menjaga diri yang lebih. Walaupun sebagai akhwat, namun tetap perlu memiliki ketrampilan penting seperti ini.

13. Desain Grafis
Dalam era kehidupan masyarakat yang kini telah serba digital, ketrampilan desain grafis ini terasa menjadi penting untuk dikuasai. Karena sudah semakin banyak komunikasi baik dalam bidang pergaulan, Pendidikan, pekerjaan perkantoran, dll, yang kini dilakukan melalui soisal media. Bahkan dakwah pun kini sudah beralih, Sebagian besar sudah beranjak menuju dunia digital. Maka ketrampilan desain grafis semakin terasa manfaatnya.